STRUCTURED QUERY LANGUAGE

Sudah lama sekali saya tidak posting tentang materi Sistem Basis Data. Kali ini kita akan belajar bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses sistem basis data, yaitu SQL. Oke untuk lebih jelasnya, kita langsung mulai saja belajarnya. 


Apa itu SQL (Structured Query Language)? 

  • SQL adalah singkatan dari Structured Query Language 
  • SQL adalah sarana Anda untuk mengakses database 
  • SQL adalah suatu bahasa komputer yang mengikuti standard ANSI  
  • SQL dapat mengeksekusi query terhadap suatu database 
  • SQL dapat mengambil data dari suatu database 
  • SQL dapat menambahkan data ke dalam suatu database  
  • SQL dapat menghapus data pada suatu database  
  • SQL dapat melakukan update terhadap data pada database  
  • SQL itu sangat mudah untuk dipelajari

SQL  adalah  suatu  bahasa  komputer  yang  mengikuti  standard  ANSI  (American National  Standard  Institute),  yaitu  sebuah  bahasa  standard  yang  digunakan  untuk mengakses dan melakukan manipulasi suatu sistem database. Statemen dalam SQL dapat  digunakan   untuk   mengakses   data   atau   meng-update   data  pada   suatu database. SQL utamanya berfungsi dalam suatu relational database seperti misalnya Oracle, SQL Server, DB2, Informix, Sybase, MS Acces, MySQL, Firebird dan masih 
banyak lagi yang lainnya. 

Dengan  adanya  berbagai  perusahaan/vendor  yang  membuat  berbagai  produk  SQL maka  efeknya  adalah  timbul  berbagai  macam  perbedaan  dalam  bahasa  SQL  yang dikembanglan oleh tiap-tiap perusahaan tersebut. Contohnya saja, bahasa SQL yang dimiliki  oleh  Microsoft  (yang  bernama  T-SQL)  akan  berbeda  dengan  bahasa  SQL yang  dikembangkan  oleh  Oracle  (yang  bernama  PL/SQL).  Namun  demikian  semua vendor  diwajibkan  untuk  mendukung  bahasa  standard  yang  ditentukan  oleh  ANSI, misalnya semua pengembang bahasa SQL wajib dalam mengimplementasikan kata kunci  atau  statemen  standard  SQL  seperti  SELECT,  UPDATE,  DELETE,  INSERT, WHERE  dan  lain  sebagainya.  Perbedaan  bahasa  SQL  yang  dikembangkan  oleh setiap vendor itu dinamakan extension atau juga disebut dengan dialek. 

Cara pengucapan SQL adalah "see quil".  

SQL menggunakan - urutan karakter sebagai pengenal komentar satu baris.

Perintah SQL tidak case sensitif dan query SQL berikut adalah ekuivalen:

SELECT * FROM Users
select * from Users

kedua perintah diatas hasilnya sama saja


Ada beberapa pengimplementasian SQL yang disebut "SQL dialects" dan "SQL extensions". 
Misalnya MS SQL Server versi tertentu dari SQL disebut Transact-SQL, versi SQL dari  Oracle disebut PL / SQL, SQL versi dari MS Access  disebut SQL JET.

Kelompok Pernyataan SQL

Pernyataan SQL dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu DDL, DML dan DCL.
  1. DDL (Data Definition Language
  2. DDL merupakan kelompok perintah yang berfungsi untuk mendefinisikan atribut-atribut basis data, tabel, atribut(kolom), batasan-batasan terhadap suatu atribut, serta hubungan antar tabel. Yang termasuk dalam kelompok DDL ini adalah CREATE, ALTER, dan DROP.
  3. DML (Data Manipulation Language)
  4. DML adalah kelompok perintah yang berfungsi untuk memanipulasi data dalam basis data, misalnya untuk pengambilan, penyisipan, pengubahan dan penghapusan data. Perintah yang termasuk dalah kategori DML adalah : INSERT, DELETE, UPDATE dan SELECT.

  5. DCL (Data Control Language)

  6. DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pengaturan hak akses user MySQL, baik terhadap server, database, tabel maupun field.

Tidak ada komentar: