Basis Data (Data Base)

Sahabat blogger, untuk pembelajaran pertama kita akan belajar mengenai basis data atau yang sering kita dengar dengan istilah "data base". Tapi sahabat blogger tahu ngga apa sebenarnya basis data itu??
Nah, mari kita belajar bareng mengenai seluk beluk basis data dalam kehidupan kita saat ini yang sangat sering kita dengar dan jumpai, baik di dunia maya, aplikasi-aplikasi, game, dan masih banyak lagi.
Apa sih yang basis data itu?????
Basis Data (Data Base) merupakan kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk suatu bangunan data untuk menginformasikan suatu informasi data dalam batasan tertentu. Dengan basis data, kita dapat menyimpan informasi-informasi data penting yang kita butuhkan, sehingga kita dapat mengambil data-data tersebut jika suatu saat nanti kita butuhkan lagi.

Terus kenapa sih harus menggunakan basis data????
Pada dasarnya, tujuan utama pengolahan data dalam sebuah basis data adalah agar kita dapat memperoleh data yang kita cari dengan mudah dan cepat, data yang kita simpan bisa tersimpan dengan teratur dan terstruktur dengan baik. Penggunaan basis data ini bisa mempermudah kinerja kita apabila kita dihadapkan pada pengolahan data-data informasi yang sangat besar, seperti data mahasiswa, data karyawan/pegawai, dll.
Manfaat lain dari penggunaan basis data:
  • Keakuratan Data 
  • Pemanfatan pengkodean atau pembentukan relasi antar data dengan penerapan aturan atau batasan tipe data dapat diterapkan dalam basis data yang berguna untuk menentukan ketidakakuratan pemasukan atau penyimpanan.
  • Keamanan
  • Dalam sejumlah sistem ( apilkasi ) pengelolah basis data tidak menerapkan aspek keamanan dalam penggunaan basis data. Tetapi untuk sistem yang besar dan serius, aspek keamanan juga dapat diterapkan. Dengan begitu kita dapat menentukan siapa yang boleh menggunakan basis data dan menentukan jenis operasi-operasi apa saja yang boleh dilakukan.
  • Kecepatan dan Kemudahan
  • Pemanfaatan basis data memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data atau melakukan perubahan ( manipulasi ) dan menampilkan kembali data tersebut dengan cepat dan mudah, dari pada kita menyimpan data secara manual.
  • Ruang Penyimpanan
  • Dengan penggunaan basis data, penggunaan ruang penyimpanan data dapat dilakukan karena kita dapat melakukan penekanan jumlah pengulangan data dengan menerapkan sejumlah pengkodean .
  • Data Dapat Dipakai Secara Bersama
  • Data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa program aplikasi (secara batch maupun on-line) pada saat bersamaan.

    "Tiada yang sempurna di dunia ini"
Istilah di atas juga berlaku untuk sistem ini sahabat. Meskipun basis data mempunyai banyak fungsi yang dapat membantu kinerja kita, basis data juga memiliki berbagai kekurangan. Ya ini memang suda menjadi hukum alam sih...
Mari kita beberkan beberapa kekurangan dari basis data:
  1. Memerlukan tenaga ahli untuk mengoperasikan penggunaan basis data, tidak semua orang bisa mengoperasikan penggunaannya karena berhubungan dengan keamanan dan kerahasiaan data suatu instansi.
  2. Kompleks, kapasitas data yang besar dan rumit
  3. Memerlukan tempat yang besar
  4. Harganya lumayan mahal

Tidak ada komentar: