DBMS (Data Base Management System)

Hai sahabat, kita mulai lagi ya belajarnya....
Sebelumnya kita kan udah belajar sedikit tentang DBMS, tapi pasti banyak dari sahabat blogger yang masih belum paham dan bertanya-tanya apa sih yang dimaksud dengan DBMS. Ayo sekarang kita pelajari bareng...

Apa sih yang dimaksud dengan DBMS?
Sebenarnya arti dari DBMS itu adalah suatu program komputer yang digunakan untuk memasukkan (input), mengubah (update), menghapus (delete), memodifikasi dan memperoleh data/informasi secara efisien dan praktis.
Kelebihan dari penggunaan DBMS:
  • Kecepatan. Komputer dapat mencari dan menampilkan informasi yang kita butuhkan dengan cepat dan praktis dibandingkan dengan kita harus mencari suatu data dalam tumpukan fie-file yang menggunung.
  • Kepraktisan. DBMS menyediakan media penyimpanan yang permanen yang berukuran keci, tetapi banyak menyimpan data jika dibandingkan dengan menggunakan kertas/buku.
  • Update to date. Informasi yang disediakan selalu berubah dan akurat setiap saat.
  • Mengurangi kejemuan. Pekrjaan yang kita lakukan secara berulang-ulang dapat menimbulkan rasa bosan bagi kita, sedangkan mesin tidak merasakannya.
[Waliyanto2000] Keuntungan-keuntungan dalam penggunaan DBMS adalah:
  1. Pemusatan kontrol data
  2. Dengan satu DBMS dibawah kontrol satu orang atau kelompok dapat menjamin terpeliharanya standar kualitas data dan keamanan batas penggunanya serta dapat menetralkan konflik yang terjadi dalam persyaratan data dan integritas data dapat terjaga.
  3. Pemakaian data bersama (Shared Data)
  4. Informasi yang ada dalam basis data dapat digunakan lebih efektif dengan pemakaian beberapa user dengan kontrol data yang terjaga.
  5. Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru
  6. Data yang bebas (independent). Program aplikasi terpisah dengan data yang disimpan dalam komputer.
  7. Pemakaian secara langsung. DBMS menyediakan interface yang memudahkan pengguna dalam mengolah data.
  8. Data yang berlebihan dapat dikontrol.
  9. Data yang dimasukkan dapat terjadi kerangkapan, oleh karena itu DBMS berguna dalam menurunkan tingkat kerangkapan dan proses pembaruan data.
  10. Pandangan user
  11. Ada kemungkinan basis data yang diakses adalah sama, DBMS mampu mengatur interface yang berbeda dan disesuaikan dengan pemahaman tiap user terhadap basis data menurut kebutuhan.

Tidak ada komentar: