Transformasi Model Data

Model Data Relational Lanjut

Terdapat 2 varian entitas yakni :
  • Entitas kuat:
  • Himpunan entitas yang dilibatkan dalam ERD merupakan entitas kuat. Tidak memiliki ketergantungan dengan himpunan entitas lainnya.
  • Entitas lemah:
  • Suatu entity yang aman keberadaannya tergantung dari keberadaan enitity. Tidak memiliki atribut yang dapat berfungsi sebagai key attribute.

Agregasi
Merupakan Sebuah himpunan relasi yang menghubungkan sebuah himpunan entitas dengan himpunan relasi dalam ERD. Relasi yang terbentuk juga dapat mengandung unsur relasi lain.

Transformasi Model Data Ke Basis Data Fisik

ERD di representasikan menjadi sebuah basis data secara fisik
Komponen ERD ditransformasikan menjadi tabel yang merupakan komponen utpembentuk basis data
Atribut yang melekat pada masing-masing himpunan entitas dan relasi akan dinyatakan sebagai field dari tabel yang sesuai.



Setiap himpunan entitas akan diimplementasikan sebagai sebuah tabel
- Relasi 1-1
Relasi yang menhubungkan 2 buah himpunan entitas yang direpresentasikan dalam bentuk penambahan/penyertaan atribut-atribut relasi ke tabel yang mewakili salah satu dari kedua himpunan entitas.

- Relasi 1-N
Relasi yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas, juga akan direprensentasikan dalam bentuk pemberian/ pencatuman atribut key dari himpunan entitas berderajat 1 ke tabel yang mewakili himpunan entitas berderajat N.

- Relasi N-N
Relasi yang ,enghubungkan 2 buah himpunan enttitas, diwujudkan dalam bentuk tabel khusus yang memiliki field (tepatnya foreign key) yang berasal dari key-key dari himpunan Entitas yang dihubungkannya.

Implementasi Himpunan Entitas Lemah dan Sub Entitas

Penggunaan himpunan entitas lemah dan sub entitas dalam diagram ER diimplementasikan dalam bentuk tabel seperti himpunan entitas kuat. Bedanya, jika himpunan entitas kuat sudah dapat melihat relasinya dengan himpunan entitas lain. Namun pada himpunan entitas lemah hanya dapat ditransformasikan menjadi sebuah table dengan menyertakan pula atribut key dari hasil implementasi himpunan entitas lemah.

Tidak ada komentar: