QUERY LANGUAGE


Hai sahabat blogger, udah lama nih ngga share ilmu lagi. Kali ini kita akan belajar tentang query language dalam Database. Let's learn!!!

·         Bahasa Query formal basis data relasional Merupakan bahasa untuk meminta informasi dari basis data. Sebelum basis data relational, query terhadap basis data merupakan tugas yang sangat sukar. Pemograman harus berurusan dengan skema fisik internal dari basis data. Contoh bahasa query relasional adalah SQL (Structured Query Language).
·         Terdapat dua jenis bahasa query relasional yang utama, yaitu :
1.       Aljabar Relasional
2.       Kalkulus Relasional
·         Aljabar Relasional merupakan kumpulan operasi terhadap relasi dimana operasi menggunakan satu atau lebih relasi untuk menghasilkan satu relasi yang baru dan termasuk kategori prosedural dan juga menyediakan seperangkat operator untuk memanipulasi data.
·         Terdapat beberapa operasi dasar dalam aljabar relasional, yaitu :
1.       Operasi Selection (s)
Selection / Select (σ ), adalah operasi untuk menyeleksi tupel – tupel yang memenuhi suatupredikat, kita dapat menggunakan operator perbandingan (<,>,>=,<=,=,#) pada predikat. Beberapa predikat dapat dikombinasikan menjadi predikat manjemuk menggunakan penghubung AND (  ) dan
OR (  ).
Contoh  :
Query                           : Tampilkan daftar dosen yang tempat lahirnya di ‘Bekasi’
Aljabar relasional          : stempat_lhr=’Bekasi’(Dosen)


2.       Operasi Preojection (p)
Projection / Project ( p ), adalah operasi untuk memperoleh kolom – kolom tertentu. Operasiproject adalah operasi unary yang mengirim relasi argumen dengan kolom – kolom tertentu. Karenarelasi adalah himpunan, maka baris – baris duplikasi dihilangkan. Sintaks yang digunakan dalam operasi proyeksi ini adalah sebagai berikut :
pcolum1,…,column ( tabel)
Contoh :
Query                           : Tampilkan nid,nama_d,alamat,kota dari relasi Dosen
Aljabar relasional          : pnid,nama_d,alamat,kota(Dosen)

3.       Operasi Cartesian-product (X)
Cartesian-product ( X ), adalah operasi untuk menghasilkan table hasil perkalian kartesian.Sintaks yang digunakan dalam operasi proyeksi ini adalah sebagai berikut :
R X S = {(x,y) | xR dan yS}
Operasi cartesian-product memungkinkan kita mengkombinasikan informasi beberapa relasi,operasi ini adalah operasi biner. Sebagaimana telah dinyatakan bahwa relasi adalah subset hasil cartesian-product dan himpunan domain relasi – relasi tersebut. Kita harus memilih atribut – atribut untuk relasi yang dihasilkan dari cartesian-product.
Contoh :
Query : Tampilkan nid, nama_d (dari relasi Dosen), nama_mk (dari relasi Matakuliah), thn_akademik, smt, hari, jam_ke, waktu, kelas (dari relasiMengajar) dimana semester mengajar adalah pada semester ‘1’.
Aljabar relasional :
pnid,nama_d,nama_mk,thn_akademik,smt,hari,jam_ke,waktu,kelas (ssmt=1 ^ Dosen.nid=Mengajar.nid ^ Mengajar.kdmk=Matakuliah.kdmk(DosenxMatakuliahxMengajar)

4.       Operasi Union (È)
Union (È ), adalah operasi untuk menghasilkan gabungan table degan syarat kedua table memiliki atribut yangsama, yaitu domain atribut ke-i masing – masing table harus sama. Sintaks yang digunakan dalam operasi union ini adalah sebagai berikut :
È S = {x | xÎR atau XÎS}
Operasi ini dapat dilaksanakan apabila R dan S mempunyai atribut yang sama sehingga jumlah komponennya sama.
·         Operasi-operasi turunan dari operasi-operasi dasar tersebut adalah :
-          Set intersection
-          Theta join
-          Natural_join
-          Outer-join
-          Division

Itu sedikit ilmu yang kita pelajari kali ini sahabat, disambung di materi sebelumnya ya. Selamat belajar.

Tidak ada komentar: